Cara Lengkap Mengatasi Cegukan

Cegukan bagi sebagian besar kita merupakan hal yang sepele, padahal bisa jadi ia merupakan sinyal dari sesuatu yang serius yang sedang terjadi dalam tubuh manusia baik orang dewasa maupun bayi sekalipun, jika cegukan berlangsung tidak lama maka tentu saja bukan merupakan hal yang perlu dipikirkan. Namun mengatasi cegukan harus dengan langkah yang tepat dan benar karena bisa jadi ternyata gejala ini dapat berlangsung lama, sehingga bisa menyebabkan insomnia, kelelahan, bahkan depresi bagi yang mengalaminya. 

Beberapa Penyebab Cegukan

Penyebab Cegukan Dan Solusinya

Merangkum dari Wikipedia Cegukan disebabkan oleh kontraksi otot diafragma ini akan menyebabkan ketika orang yang mengalami cegukan menarik napas, udara yang masuk ke dalam paru-paru akan dikeluarkan secara cepat dan tiba-tiba oleh kekuatan kontraksi otot diafragma dan membentur glotis (ruang antara pita suara) yang sedang menutup. Udara yang kembali dan membentur ruang antara pita suara inilah yang menyebabkan terjadinya suara khas cegukan.

Iritasi pada saraf vagus dan frenikus merupakan penyebab tersering. Benda asing yang ada di daerah telinga pun ternyata juga dapat menjadi pencetus, karena ada salah satu cabang saraf vagus di daerah tersebut. Kelainan pada tenggorokan seperti peradangan dan tumor di daerah leher juga dapat menstimulasi serabut saraf yang ada di daerah tersebut, yang juga merupakan cabang saraf vagus.

Cegukan seringkali berkembang dalam situasi tertentu, seperti makan terlalu cepat, minum air dingin sesaat setelah makan makanan panas atau sebaliknya, makan makanan yang sangat panas atau pedas, tertawa atau batuk terlalu keras, minum minuman beralkohol, merokok, stres, atau karena gangguan keseimbangan cairan dalam tubuh.

Mengobati Cegukan Pada Orang Dewasa

Ada beberapa cara ampuh untuk mengatasi keluhan untuk mengatasi keluhan yang diakibatkan oleh cegukan ini. Diantaranya adalah dengan menahan napas dan juga mengkonsumsi makanan tertentu. Bagaimanakah cara penggunaannya yang aman dan alami? Lantas apa saja cara lainnya yang lebih lengkap untuk menghilangkan cegukan? yuk, simak terus artikel dari Masbagik.com berikut ini.

Cegukan memiliki durasi bunyi yang berbeda-beda akan tetapi menurut penelitian apabila tidak berhenti cegukan selama lebih 3 jam terus-terus menerus maka ada baiknya diperiksakan ke dokter karena bisa membahayakan kesehatan.

Akfititas seseorang pun dapat terhambat akibat dari cegukan yang ia alami, kasus contoh saja pada seorang pelajar yang sedang dalam masa pelajaran sekolah ia tidak akan bisa berkonsentrasi penuh akibat terus saja cegukan. Orang-orang yang ada disekitar orang yang mengalami cegukan pun bisa terganggu akibat adanya suarasuara yang cukup tidak nyaman sepertihiktadi berkalikali.

Nah bagi Anda yang sering mengalami cegukan ataupun sekedar ingin mengetahui cara mengatasi cegukan apabila terjadi, dibawah ini ada beberapa informasi sederhana bagaimana cara mengatasi cegukan secara alami yang dapat dicoba.

Makan Selain Kacang

Hmmm...mendengar selai kacang pastinya bikin ngiler, namun tahukan Anda jika ternyata selai kacang bermanfaat buat mengatasi cegukan yang terjadi pada seseorang. Selai kacang bisa merangsang saraf vagus yang ada dalam tubuh dan secara cepat mengobati cegukan Anda.

Makan Gula Pasir

Cegukan ternyata juga bisa dihilangkan dengan cara makan gula pasir. Gula pasir yang rasanya manis pastilah menjadi alternatif cukup disukai bagi orangorang yang sedang menderita cegukan. Caranya yakni ambil satu sendok teh gula pasir kemudian makan lalu kunyahkunyah sebentar dan telan. Biarkan beberapa saat dan lihat hasilnya apakah kini cegukan Anda sudah berhenti.

Korek Kuping

Cara mengatasi cegukan lainnya ialah dengan memanfaatkan korek kuping. Ya, selain mampu menghetikan cegukan korek kuping juga bermanfaat membersihkan daerah telinga dari kotorankotoran akibat debu yang menempel.

Cara menghentikan cegukan memakai alternatif korek kuping sangat mudah dilakukan kita tinggal masukkan saja ujung jari kedalam telinga, tahan sebentar kurang lebih 5 menitan. Setelahnya Anda dorong sedikit perlahanlahan kedalam telinga, ingat perlahanlahan ya agar tidak sampai menyakiti membran telinga. Perlakukan korek kuping ini bisa mengakibatkan saraf vagus menjadi terangsang dan secara otomatis juga mengobati cegukan.

Minum atau Berkumur

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan dalam mengobati cegukan ialah minum air putih ataupun berkumur. Meminum air putih yang banyak ternyata memiliki khasiat alami mengatasi cegukan. Berkumur pun akan mengganggu akfititas cegukan sehingga frekuensi terjadinya cegukan bisa secara cepat di hilangkan.

Cara meminum atau berkumur adalah cara menghilangkan cegukan yang paling banyak ditemui serta digunakan masyarakat

Dengan Cara Menahan Napas

Menahan napas juga termasuk alternatif hebat menghentikan cegukan yang terjadi. Caranya sangat mudah sekali, yakni ambil napas dalam-dalam tahan sampai beberapa detik lalu keluarkan perlahan melalui mulut, lakukan hal ini beberapakali.

Menahan napas akan merenggangkan otot-otot pada diafragma sehingga bisa mencegah dari kontraksi. Dengan hanya sekali difragma berhenti kotraksi maka cegukan pun bisa pula langsung berhenti.

Menakut-nakuti Diri Sendiri


Cara menghentikan cegukan dengan menakutnakuti diri sendiri juga banya dipraktekan. Cara ini terdengar cukup aneh memang namun kadangkadang bisa berhasil juga. Dengan orang kaget maka secara spontan saraf cegukan bisa berhenti seketika, nah saraf tersebut kadangkadang sudah tidak kambuh lagi setelah orang tersebut menjadi kaget.

Bernapas Dalam Kantong Kertas

Cobalah bernapas dalam kantong kertas karena dengan Anda bernapas didalam kantong kertas tubuh secara otomatis segera mengalih perhatian dari yang pertama menghadapi cegukan kemudian disetting menghadapi banyaknya karbondioksida yang muncul.

Dengan pengalihan perhatian ini secara otomatif cegukan akan terlupakan dan bisa sembuh seperti sediakala.

Menggunakan Antasid

Menggunakan antasid juga langkah bagus menghentikan cegukan yang terjadi. Ambil satu sendok teh antasid yang mengnadung didalamnya magnesium tinggi. Bahan antasid itu sendiri dipercaya mampu menenangkan saraf cegukan sehingga mudah disembuhkan.

Batuk atau Bersin

Biasanya orang tidak suka kalau batukbatuk atau bersinbersin, akan tetapi siapa sangka jika melakukan dua hal tersebut malah berujung bisa menghilangkan cegukan mengganggu. Nah dengan batuk atau bersin otot diafragma pun mengerut yang berpotensi menghentikan cegukan.

Cara jika ingin batuk atau bersin paling mudah menurut saya ialah datangi saja tempat berdebu dan sapusapu, pastinya Anda akan langsung terkontaksi debu dan mulailah bersin dimulai.

Pakai Es Batu

Es batu adalah cara mudah lainnya yang dapat mengatasi cegukan. Tinggal masukan saja es batu kedalam mulut ataupun di gosokgosokkan pada wajah maka seketika itu perasaan dingin langsung mampu mengalahkan cegukan Anda.

Nah itulah tadi beberapa cara sederhana bisa anda coba untuk mengatasi cegukan pada orang dewasa ya. Jika salah satu tidak berhasil, Anda bisa coba pakai cara lainnya hingga Cegukan Anda pun akan berangsur hilang. Tentu saja jika semua cara sudah dicoba anda harus segera menghubungi dokter segera ya.

 Cegukan Pada Bayi

Cegukan pada orang dewasa biasa terjadi dan itu tak menjadi masalah karena beberapa dari kita sudah tahu cara penangannya yang baik dan benar. Nah, lantas bagaimana dengan anak kecil/bayi yang mengalami cegukan? Sebenarnya baik orang dewasa maupun bayi jika mengalami cegukan itu bukan suatu pertanda yang membahayakan, bahkan ada yang bilang jika bayi cegukan itu adalah tanda dari bayi tersebut mengalami masa pertumbuhan.

Informasi medis menjalaskan jika ada beberapa faktor yang biasanya mempengaruhi bayi sehingga terjadi cegukan, seperti misalnya posisi menyusui yang tak tepat sehingga menyebabkan aliran udara ikut masuk ketika bayi sedang minum susu dati puting sang ibu. Ada lagi penyebab cegukan bayi yakni suhu dingin yang ekstrim, jadi usahakan agar bayi tetap dalam keadaan hangat.

Apabila terlanjur bayi Anda mengalami cegukan jangan kuatir karena solusi mengatasi bayi terkena cegukan bukan masalah sulit, seperti yang akan terlintas berikut ini :

Merawat bayi merupakan kewajiban bagi setiap orang tua, jangan sampai karena alasan pekerjaan Anda sampai meninggalkan sang buah hati tak terurusi sehingga bayi Anda pun terkenan berbagai masalah seperti cegukan ini.

Langkah Sederhana Mengatasi Cegukan Pada Bayi

Berikut ini Cara Mengobati Cegukan Pada Bayi

  1. Ganti Posisi Menyusui Bayi. Jika si kecil mengalami cegukan pada saat ibu sedang menyusuinya akan coba saja mengatasi cegukan tersebut dengan cara mengganti posisi menyusui yang lebih baik. 
  2. Tenangkan Posisi Bayi. Kondisi bayi yang terlalu gerak-gerak pada saat disusui juga bisa menimbulkan cegukan karena dengan kondisi yang terlalu bergerak tersebut puting akan bergeser dari mulut bayi sehingga apabila bayi menghisap bukan air susu malah udara yang masuk. Nah apabila kondisi seperti itu terjadi jangan ada menyusui bayi anda terlebih dahulu akan tetapi coba tenangkan kondisi, caranya gosok punggung perlahan dan lembut hingga ia merasa tenang. 
  3. Posisi Ibu Menyusui Harus Stabil. Kondisi ibu disaat menyusui bayi juga menjadi faktor, jika ibu dalam kondisi kurang stabil bayi pun bisa saja mengalami cegukan, jadi apabila ingin menyusui bayi perhatikan pula kondisi sekitar ibu dan usahakan mencari tempat yang memang benar – benar pas.
  4. Teknik Menepuk Punggung Bayi. Pada suatu ketika apabila Anda sudah melakukan berbagai macam hal namun tetap saja cegukan pada bayi tak kunjung berhenti maka hentikan sementara proses menyusi. Tegakan bayi Anda kemudian gendong dengan mengarah kebelakang seperti biasa Anda ingin menyendawakannya, tepuk – tepuk punggung bayi Anda hingga udara dalam diafragma ikut keluar, setelah udara keluar pastinya cegukan apad bayi dapat berangsur – angsur sembuh/berhenti. Setelah berhenti maka Anda pun bisa melanjutkan proses menyusui.
  5. Peluk Bayi dengan Penuh Kasih Sayang. Bayi termasuk sangat sensitif apalagi terhadap kedua orang tuanya, maka dari itu jika ia cegukan biasanya hal paling mudah yang bisa menghentikan cegukan tersebut hanyalah dengan memeluknya saja. Beberapa kejadian membuktikan jika hanya dipeluk bayi pun langsung bisa sembuh dari cegukan.
  6. Pilihlah Dot Bayi Yang Bagus. Jika bayi Anda telah minum dalam dot bayi maka perhatian dan juga pastikan dot bayi tersebut benar – benar bagus. Lalu bagaimana cara memilih dot bayi yang bagus? Cukup mudah perhatikan saja puting yang ada pada dot bayi tersebut, jika dot itu memiliki titik puting terlalu besar hal tersebut bisa menyebabkan bayi mudah tersedak dan bahkan terkena cegukan, maka dari itu ketika ingin membeli dot bayi pastikan membeli yang titik putingnya kecil.
  7. Atur Suapan bayi Agar Tidak Terburu-buru. Bayi Anda sudah mulai makan makanan pendamping ASI? Nah dalam langkah agar bayi tidak terkena cegukan sebaiknya mulai dari sekarang biasakan jangan terburu – buru ketika memberi suapan pada bayi Anda. Biasanya orang tua terlalu berlebihan dalam memberi suapan sehingga bayi pun merasa tak nyaman apalagi sampai terjadi gejala tersedak. Jangan juga memberi makan bayi dengan makanan panas, tunggulah dingin dulu secara alami jangan lupa meniup – niupkan udara pada makanan karena hal tersebut juga berbahaya untuk sang buah hati.
  8. Perhatikan Kondisi Kesehatan lambung Bayi. Masalah cegukan pada bayi bisa terjadi akibat ada yang tak beres di lambungnya entah itu karena angin yang masuk atau karena bayi terlalu lapar. Menurut penelitian jika lambung bayi kosong itu bisa menjadi tempat bagi angin masuk sehingga masalah cegukan pun akhirnya muncul, nah sebaiknya jaga agar bayi tidak sampai mengalami kendala terlalu lapar yang menyebabkan angin bisa masuk ke lambung.
  9. Teknik Pijatan Pada Bayi. Dan yang terakhir untuk bisa mengatasi cegukan pada bayi yakni dengan cara memijatnya. Cara ini hampir mirip dengan cara membuat bayi bersendawa tadi, ibu tinggal dekap sang buah hati kemudian atur kepalanya dipundak ibu selanjutnya pijat bagian belakang secara perlahan – lahan. Cara ini biasanya cukup ampun dalam merilekskan bayi sehingga tak sadar jika angin penyebab cegukan pun keluar.

Nah demikian artikel kami tentang cegukan dan cara mengatasinya secara mudah baik untuk orang dewasa maupun anak-anak, semoga informasi dari kami bisa bermanfaat buat anda ya.

Salam Hangat

Belum ada Komentar untuk "Cara Lengkap Mengatasi Cegukan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel