Cara Merawat Telinga

Telinga memiliki kegunaan yang sangat segnifikan dalam tubuh manusia, dengan teliga kita bisa mendengar perkataan orang dan juga merasakan bagaimana merdunya suara burung dan indahnya suara alam semesta. Merawat telinga menjadi keharusan kita sekaligus sebagai wujud syukur kita kepada sang pencipta. Telinga juga memiliki fungsi penyeimbang tubuh, cara kerjanya yang kompleks sangat berpengaruh terhadap tubuh manusia, manakala telinga sakit maka tubuh pun juga akan mengalami masalah keseimbangan. Nah berikut ini kami akan menjelaskan bagaimana cara sederhana merawat salah satu organ tubuh penting kita ini baik itu bagian luar maupun dalamnya.

Gambar Bagian Telinga Manusia Masbagik.com

Dengan mengetahui betapa pentingnya seseorang untuk tetap menjaga telinganya gara bisa berfungsi dengan benar maka dari itu ijinkanlah penulis kam ini mengantarkan pada Anda semua cara simpel namun fleksibel untuk merawat kesehatan telinga.

Sebelum melangkah lebih jauh ada yang perlu di ketahui tentang cairan serumen, ini hanya untuk pengetahuan tambahan saja bagi Anda. Cairan serumen atau cairan kuning yang ada dalam telinga merupakan cairan yang amat dibutuhkan sebagai fungsi dari pembersihan kotoran.

Cairan tersebut mengandung anti bakteri yang akan melindungi telinga dari bahaya kuman penyebab infeksi. Disamping itu cairan serumen juga memiliki fungsi lain yakni menangkap hewan – hewan kecil yang masuk ke telinga, sebagai contoh semut, dan kalah pentingnya lagi cairan tersebut akan melembabkan telinga Anda jadi jika pada saat membersihkan telinga terdapat warna kuning jangan jijik sebab itu adalah cairan yang menolong/membantu telinga Anda agar tetap terjaga kebersihannya.

Nah kembali ke pokok pembahasan bagaimana cara mudah bagi kita membersihkan telinga.

Cara Sederhana Merawat Telinga

 Berikut ini adalah cara sederhana menjaga kesehatan telinga, setelah mengetahuinya anda akan sedikit memiliki gambaran untuk perawatan telinga kita baik itu bagian luar maupun bagian dalamnnya.

Jangan terlalu sering memakai cutton bud

Cotton Bud Tidak Baik Untuk Telinga

Mungkin dari sekarang Anda masih suka menggunakan alat pembersih telinga berupa cutton bud bukan? Ya, kebanyakan orang memang masih suka menggunakan yang terbuat dari kapas diunjungnya tersebut. Cutton bud memang terbukti memiliki fungsi membersihkan telinga, dengan Anda memasukkan cuuton bud ke dalam telinga kemudian di korek/pelintir sedikit maka di ujung cutton bud yang terdapat kapas akan terlihat kotoran telinga berwarna kuning dan bahkan kalau lama tak dibersihkan bisa berwarna merah.

Namun penggunaan cutton bud sendiri khususnya bagi anak – anak cukup membahayakan sebab jika terlalu memaksakan mendorong alat tersebut kedalam telinga hasilnya malah telinga kita menjadi terluka.

Banyak dokter menyarankan agar menggunakan alat pembersih khusus telinga yang sudah disertifikasi kegunaannya. Akan lebih baik jika kita lebih menggunakan cara yang disarankan dokter untuk membeli alat pembersih telinga modern yang lebih aman dibanding memakai cutton bud.

Mengunyah Makanan

Oh ternyata siapa yang menyangkan jika mengunyah makanan akan membantu dalam proses pengeluaran kotoran di telinga. Dengan jalan mengunyah maka rahang kita secara otomatis berkontraksi, nah dari inilah telinga kemudian merespon dengan hasil mengeluarkan kotoran.

Terapi lilin

Terapi lilin juga difungsikan sebagai langkah mudah membersihkan area telinga dari kotoran. Cukup mudah untuk melakukan terapi lilin, namun untuk benda lilinnya sendiri tentu khusus tidak sembarangan kita membelinya serta menggunakannya.

Coba saja Anda pergi ke apotek dan beli lilin terapi untuk telinga lalu setelahnya pakai lilin tersebut sesuai dengan petunjuk yang telah ditetapkan dalam wadah.

Biasakan tidak menggaruk telinga

Pada saat telinga kita sedang gatal tentu saja tangan akan langsung merespon untuk mengaruknya dengan jalan memasukkan jari kedalam lubang telinga. Nah ternyata hal ini sangat tidak baik lho dilakukan sebab bisa mengakibatkan telinga luka serta infeksi. Jika memang telinga sudah benar-benar gatal dan Anda pun tida tahan garuklan dengan memsukkan jari kelingking namun juga harus hati-hati dan garuk secara perlahan serta lembut.

Tutup telinga saat perjalanan naik pesawat terbang

Pada saat melakukan perjalanan dengan menggunakan trasport pesawat udara hendaknya tutup telinga Anda sebab mana kala lepas landas biasanya akan ada suara – suara yang tak mengenakkan di telinga.

Bersihkan daun telinga

Tentunya dalam membersihkan telinga kita juga tak harus pilih – pilih bukan, baik dalam maupun luar/daun telinga juga harus dibersihkan agar tidak sampai ada kotoran yang menumpuk. Nah dalam masalah ini membersihkan daun telinga kiranya bisa menggunakan baby oil.

Ya, cukup sediakan sebotol baby oil tuang secukupnya pada cutton bud lalu gosok – gosakkan di area sekitar daun telinga Anda hingga merata.

Perhatikan lingkungan sekitar

Maksud dari kata perhatikan lingkungan sekitar ini ialah Anda harus tetap waspada disaat melakukan aktifitas. Contohnya saja saat melakukan telepon jangan terlalu mendekatkan earphon ke telinga, selain itu ketika berenang juga hindari masuk ke tempat yang dalam tanpa menggunakan alat pelindung telinga dan ada juga ketika bermotor biasakan tutup telinga sebab ada banyak sekali debu yang berterbangan dan kemungkinan besarnya bisa masuk kedalam telinga.

Konsultasi ke dokter secara rutin

Dalam menjaga kesehatan telinga tak cukup hanya dilakukan sendiri kan? Maka dari itu biasakan juga konsultasi ke dokter Anda untuk lebih memberikan perawatan ekstra pada salah satu fungsi panca indra terpenting dalam tubuh tersebut.

Nah oke demikian itu tadi beberapa macam tips mudah merawat telinga, semoga saja dengan membaca ulasan diatas Anda pun kini bisa tersadar dari betapa pentingnya menjaga selalu kesehatan telinga.

Untuk mendukung artikel ini sangat dianjurkan bagi Anda mengisikan pengalaman bagaimana cara merawat telinga pada kolom komentar, dan semoga artikel mengenai Cara Merawat Telinga ini bermanfaat bagi Anda. Terima Kasi Atas Kunjungan Anda Ke Masbagik.com

Belum ada Komentar untuk "Cara Merawat Telinga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel