Macam-Macam Paragraf

Masbagik.com - Kali ini kita akan membahas tentang berbagai macam jenis paragraf mulai dari arti, ciri-ciri dan contoh penggunaannya ya, semoga informasi ini membawa manfaat buat kamu yang sedang mencari definisi dan pengertian berbagai jenis paragraf yang sering kita temui di pelajaran sekolah kita.

Ciri Utama Paragraf

Ada beberapa unsur paragraf, yaitu gagasan utama yang terletak dalam kalimat topik, dan kalimat penjelas yang memperjelas kalimat topik. Kriteria sekumpulan kalimat yang dapat menjadi paragraf adalah adanya kesatuan, kepaduan, ketuntasan, keruntutan, dan sudut pandang yang tidak berubah-ubah.

Berbagai Jenis Paragraf :

Ada banyak sekali paragraf yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini diantaranya adalah :

1.Paragraf Deduktif

2.Paragraf Deskripsi

3.Paragraf Eksposisi

4.Paragraf Induktif

5.Paragraf Campuran

6.Paragraf Klasifikasi

7.Paragraf Narasi

Paragraf Deduktif

Pengertian Paragraf Deduktif

Paragraf deduktif merupakan jenis paragraf yang memiliki ide pokok pada awal paragraf kemudian diikuti oleh kalimat-kalimat penjelas untuk mendukung ide pokok. Biasanya ide pokok dalam paragraf deduktif berupa pernyataan umum yang dikemas dalam kalimat topik.

Deduktif adalah sebuah jenis paragraf yang dikembangkan dengan pola deduksi. Dimulai dari pemaparan hal-hal yang bersifat umum, kemudian dalam memperjelas paparan umum tersebut maka akan ditambahkan kalimat khusus. Paragraf deduktif bisa dilihat dari letak kalimat atau gagasan utamanya yang berada di awal alinea.

Ciri Paragraf Deduktif

Paragraf deduktif adalah dimulai dengan mengemukakan persoalan pokok. Deduktif adalah di awali kalimat topik yang kemudian diikuti dengan kalimat-kalimat penjelas. Jenis paragraf berdasarkan kalimat utama yang deduktif adalah kalimat tubuhnya berperan sebagai pernyataan yang mendukung gagasan utama.

Contoh penerapan paragraf Deduktif

Kemacetan telah menjadi hal yang biasa di Jakarta. Kemacetan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, diantara lain. Pertama, jumlah kendaraan yang ada tidak seimbang dengan luasnya jalan. Kedua, kurangnya rasa disiplin untuk semua pengguna jalan raya.Ketiga, munculnya tempat-tempat yang mengganggu lalu lintas seperti pasar, rel kereta api, halte yang tidak difungsikan, banjir, pedagang kaki lima, dan sebagainya. Yang terakhir, tidak tegasnya aparat yang berwenang dalam menindak para pelanggar lalu lintas.

Paragraf Deskripsi

Yang dimaksud dengan paragraf deskripsi adalah sebuah paragraf yang gagasan utamanya disampaikan secara jelas mulai dari objek, tempat, waktu, dan atau peristiwa yang menjadi sebuah topik terhadap para pembaca. Hal tersebut dilakukan untuk membuat pembaca seolah-olah masuk dan merasakan langsung apa yang ada pada cerita tersebut.

Contoh Paragraf Deskripsi

Ciri Paragraf Deskripsi

Ciri-Ciri Paragraf Deskriptif Menggambarkan atau melukiskan sesuatu. Penggambaran tersebut dilakukan sejelas-jelasnya dengan melibatkan kesan indera. Membuat pembaca atau pendengar merasakan sendiri atau mengalami sendiri.

Secara gamblang berikut ini penjelasan tentang ciri-ciri paragraf deskripsi :
  1. Menggambarkan atau melukiskan suatu objek SEPERTI tempat,benda ,suasana tempat. 
  2. Melibatkan panca indra seperti pengliatan, penciuman,pengecapan,perabaan. 
  3. Menjelaskan ciri-ciri fisik serta sifat objek seperti ukuran,warna,bentuk,dan kepribadian secara detail.
Contoh Penerapan Paragraf Deskripsi

Ibu Ida adalah wali kelasku saat ini. Beliau adalah guru mata pelajaran bahasa Inggris yang mengajar di kelasku setiap rabu dan kamis. Saat beliau mengajar di kelasku, beliau selalu bertanya terlebih dahulu kondisi di kelas kami. Setelah itu, barulah beliau mulai memberikan materi bahasa Inggris. Ibu Yani sendiri mempunyai postur tubuh yang kurus serta memiliki tinggi sekitar 1, 75 meter. Beliau memakai jilbab dan biasanya memakai baju dinas khas seorang guru.

Paragraf Eksposisi

Paragraf eksposisi adalah paragraf yang memiliki kalimat utama dan ide pokok yang berada pada satu paragraf yang bertujuan untuk menjelaskan sesuatu hal yang berkaitan dengan tema. Struktur Teks Eksposisi mempunyai struktur sendiri, yaitu pernyataan umum/tesis, rangkaian argumen, dan penegasan umum/rekomendasi. Tesis atau pernyataan umum merupakan kalimat-kalimat yang memberikan gambaran umum tentang permasalahan yang akan diangkat di dalam teks itu.

Ciri Umum Paragraf Eksposisi :
  • Memaparkan definisi (pengertian).
  • Memaparkan langkah-langkah, metode, atau cara melaksanakan suatu kegiatan.
  • Dari awal sampai akhir berupa pemaparan.
  • Bersifat tidak mempengaruhi.
  • Disertai bukti, data, contoh, gambar.
  • Pembaca memperoleh informasi sejelas-jelasnya.
  • Penutup menegaskan kembali.
  • Bahasa bermakna denotasi atau sebenarnya.
  • Fakta dipakai sebagai alat kontribusi.

Paragraf Induktif


Sederhananya paragraf induktif merupakan lawan dari paragraf deduktif. Paragraf induktif adalah paragraf yang memiliki kalimat utama yang berada di akhir paragraf. Dapat dikatakan paragraf induktif adalah paragraf yang letak kalimat utamanya di akhir paragraf.

Nah, jadi bisa disimpulkan bahwa, paragraf induktif adalah paragraf yang meletakkan gagasannya di akhir kalimat, dan memiliki bentuk penjelasan dari khusus ke umum, kebalikan dari paragraf deduktif. Jenis paragraf induktif pasti akan diawali dengan penyebutan peristiwa khusus atau penjelasan yang berfungsi untuk mendukung gagasan utama.

Paragraf Campuran

Paragraf campuran adalah paragraf yang memiliki ide pokok di bagian awal dan akhir kalimat. Jadi, disebutkan terdapat ide pokok pada bagian awal dan akhir itu hanya karena adanya pengulangan kalimat topik. Hal ini juga berfungsi untuk memperjelas informasi atau isi dalam paragraf.

Ciri Paragraf Campuran

Ciri Ciri Paragraf Campuran Terdapat dua kalimat utama. Kalimat pertama terletak di awal paragraf, dan kalimat utama kedua merupakan kesimpulan yang terletak di akhir paragraf. Kalimat penjelas terletak di tengah paragraf. Terdapat pengulangan pada kata kunci dalam kedua kalimat utama.

Paragraf Klasifikasi

Kalimat paragraf klasifikasi adalah kalimat yang mengelompokkan suatu objek menjadi beberapa indikator yang didasarkan pada ciri-ciri atau karakteristik yang dimilikinya.


Contoh Paragraf Klasifikasi :

Mengacu dari sifatnya, sampah bsia dikelompokkan menjadi dua jenis. Kemudian sampah organik adalah sampah yang sangat mudah membusuk, seperti sayuran, sisa makanan, daun, dan lain-lain.

Contoh selanjutnya adalah Alur pada novel terdiri dari alur maju, alur mundur dan alur campuran.

Paragraf Narasi

Paragraf narasi informatif merupakan suatu paragraf yang dibuat dengan tujuan memberikan suatu informasi. Dalam memberikan informasi, penulis harus menuliskan paragraf ini dengan sangat rinci. Hal tersebut, tujuannya buat menambah pengetahuan dan wawasan dari para pembacanya.

Pengertian Paragraf Narasi


Teks narasi adalah karangan cerita yang menyajikan serangkaian peristiwa kejadian dan disusun secara kronologi sesuai dengan urutan waktunya. Dalam teks narasi peristiwa yang ditulis bisa benar-benar terjadi atau khayalan.

Nah itu tadi sekilas pembahasan kami tentang aneka macam paragraf yang barangkali sedang kamu butuhkan ya, semoga bermanfaat ya guys.


Belum ada Komentar untuk "Macam-Macam Paragraf"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel